JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pemerolehan Fonologi pada Anak Usia 3-4 Tahun di TK Asisi Pakkat

Dinda Olivia Mahulae (Universitas Katolik Santo Thomas)
Dairi Sapta Rindu Simanjuntak (Universitas Katolik Santo Thomas)
Erika Maylisa Siahaan (Universitas Katolik Santo Thomas)
Namesio Simamora (Universitas Katolik Santo Thomas)
Ramanta Pandiangan (Universitas Katolik Santo Thomas)
Lia Marsaganita br Tarigan (Universitas Katolik Santo Thomas)
Eme Maleman br. Barus (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemerolehan fonologi pada anak usia 3-4 tahun di TK Asisi Pakkat. Metode penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara dengan guru dan orang tua, serta analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa anak-anak di TK Asisi Pakkat telah mulai menunjukkan kemampuan dalam mengenali dan memproduksi fonem dasar, meskipun masih menghadapi tantangan dengan bunyi-bunyi yang lebih kompleks. Proses pemerolehan fonologi dipengaruhi oleh lingkungan belajar yang mendukung dan keterlibatan orang tua. Aktivitas yang melibatkan permainan bahasa dan latihan pengucapan terbukti efektif dalam mendukung perkembangan fonologi anak. Selain itu, variasi individu dalam pemerolehan fonologi dipengaruhi oleh latar belakang bahasa di rumah dan dukungan sosial. Penelitian ini menyarankan agar metode pengajaran fonologi di TK Asisi Pakkat diterapkan secara lebih terstruktur dan terintegrasi dengan pendekatan yang menyenangkan, serta perlunya keterlibatan orang tua dalam mendukung aktivitas fonologi di rumah. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pengajaran fonologi dan mendukung perkembangan bahasa anak secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...