JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Digital Forensics on Virtual Operating Systems: Image and Memory File Acquisition as Evidence

Syahputra, Maulana (Unknown)
Zulfikar, Mohamad Rafli (Unknown)
Maulana, Hanif (Unknown)
Hakim, Muhammad Farizs (Unknown)
Aminudin, Muhammad (Unknown)
Sutrisno, Mirza (Unknown)
Hendra, Hendra (Unknown)
Risanty, Rita Dewi (Unknown)
Meilina, Poppy (Unknown)
Mujiastuti, Rully (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Teknologi yang berkembang pesat memiliki dampak positif dan negatif, tergantung pada penggunaannya. Di satu sisi, teknologi memudahkan aktivitas individu atau kelompok, sementara di sisi lain, penyalahgunaannya dapat menyebabkan kejahatan dunia maya (cybercrime). Hal ini mendorong peningkatan sistem keamanan sebagai respons terhadap meningkatnya cybercrime. Dalam konteks ini, teknologi informasi memegang peran penting dalam pertumbuhan ekonomi global. Selain itu, meningkatnya penggunaan sistem operasi virtual menuntut pendekatan forensik digital yang lebih canggih, terutama dalam pengumpulan bukti seperti citra dan file memori. Program ini memberikan edukasi dan pelatihan melalui webinar dan workshop kepada 56 mahasiswa yang tertarik pada keamanan siber, dengan fokus pada teknik akuisisi bukti digital. Edukasi ini bertujuan meningkatkan pemahaman peserta terhadap integritas bukti dan metode yang tepat dalam forensik digital, dengan hasil menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman sebesar 30% pada materi yang diajarkan. Nilai rata-rata pre-test adalah 88.64%, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 77.95%. Hasil ini menggarisbawahi pentingnya pendidikan berkelanjutan dalam forensik digital untuk menghadapi tantangan yang berkembang dalam dunia maya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...