JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Terhadap Kualitas Pembelajaran Di SMK Swasta Kecamatan Koto Tangah

Gustry Damai Gulo, Iryan (Unknown)
Marsidin, Sufyarma (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai kepemimpinan instruksional, kualitas pembelajaran, dan pengaruh kepemimpinan instruksional terhadap kualitas pembelajaran di SMK Swasta Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang melihat ada atau tidaknya pengaruh antara kepemimpinan instruksional dengan kualitas pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru di SMK Swasta Kecamatan Koto Tangah yang berjumlah 57 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh atau penelitian populasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dengan menggunakan model Skala Likert dengan lima pilihan jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi product momen. Hasil analisis data menunjukkan kepemimpinan instruksional berada pada kategori baik yaitu 87,6%, kualitas pembelajaran berada pada kategori sangat baik yaitu 91,4% dan terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pembelajaran dengan kepempinan instruksional di SMK Swasta Kecamatan Koto Tangah yaitu r hitung 0,467 > r tabel 0,444 dan nilai t hitung 3,921 > t tabel 1,676 pada taraf kepercayaan 95%. Dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pembelajaran dengan kepemimpinan instruksional di SMK Swasta Kecamatan Koto Tangah. Artinya kualitas pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepemimpinan instruksional di SMK Swasta Kecamatan Koto Tangah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...