Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi mengenai kepemimpinan instruksional, kualitas pembelajaran, dan pengaruh kepemimpinan instruksional terhadap kualitas pembelajaran di SMK Swasta Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang melihat ada atau tidaknya pengaruh antara kepemimpinan instruksional dengan kualitas pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru di SMK Swasta Kecamatan Koto Tangah yang berjumlah 57 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh atau penelitian populasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dengan menggunakan model Skala Likert dengan lima pilihan jawaban yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi product momen. Hasil analisis data menunjukkan kepemimpinan instruksional berada pada kategori baik yaitu 87,6%, kualitas pembelajaran berada pada kategori sangat baik yaitu 91,4% dan terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pembelajaran dengan kepempinan instruksional di SMK Swasta Kecamatan Koto Tangah yaitu r hitung 0,467 > r tabel 0,444 dan nilai t hitung 3,921 > t tabel 1,676 pada taraf kepercayaan 95%. Dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pembelajaran dengan kepemimpinan instruksional di SMK Swasta Kecamatan Koto Tangah. Artinya kualitas pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepemimpinan instruksional di SMK Swasta Kecamatan Koto Tangah
Copyrights © 2024