JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Improving Reading Skills Using Quizizz for Indonesian Junior High School (7th Grade)

Aprilliana, Dela (Unknown)
Dangin, Dangin (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan membaca dalam Bahasa Inggris, khususnya dalam memberikan pendapat melalui Quizizz. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama di Indonesia dengan total partisipan sebanyak 31 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara, tes awal, tes kemajuan, dan tes akhir. Untuk memecahkan masalah tersebut, penelitian ini melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya adalah proses tes awal memiliki rata-rata 46,29 dari 31 siswa. Sementara itu, proses tes kemajuan memiliki rata-rata 80,24. Berdasarkan pengujian, grafik 1 mengungkapkan bahwa perbedaan dari tes awal ke tes kemajuan adalah sekitar 11 poin, yang dirumuskan sebagai persentase perbedaan dari tes awal ke tes kemajuan sebesar 25%. Sementara itu, perbedaan dari tes kemajuan ke tes akhir sekitar 22 poin, yang dirumuskan sebagai persentase 38%. Kemudian, selisih dari pre-test ke post-test sekitar 34 poin, yang dirumuskan sebagai persentase selisih dari pre-test ke post-test sebesar 73%. Kesimpulannya adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca teks bahasa Inggris. Namun, setelah menerapkan penggunaan platform Quizizz dalam pembelajaran di kelas, siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca mereka dan menjadi lebih percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang diberikan menggunakan Quizizz. Platform ini juga ditemukan bermanfaat untuk keterampilan berpikir kritis dan mendapat umpan balik positif dari siswa. Meskipun beberapa siswa masih kesulitan membaca dengan saksama karena batas waktu otomatis yang ditetapkan oleh Quizizz untuk menjawab, mereka masih menikmati mengerjakan pertanyaan kuis dan membaca dengan saksama. Secara keseluruhan, penerapan platform Quizizz berhasil mengoptimalkan dan meningkatkan keterampilan membaca siswa. Hasil penelitian ini didukung oleh penelitian sebelumnya dan telah dikembangkan lebih lanjut dalam penelitian ini, yang menyatakan bahwa penggunaan Quizizz untuk pembelajaran keterampilan membaca mengoptimalkan dan meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris dan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...