JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning pada Materi Nanoteknologi Fase E SMA/MA

Al Hamdi, Fuad (Unknown)
Hardeli, Hardeli (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Nanoteknologi merupakan materi pembelajaran baru pada kurikulum merdeka fase E SMA/MA semester ganjil. Berdasarkan penyebaran angket kepada peserta didik dan wawancara kepada guru di 3 SMA negeri di Kota Padang didapat permasalahan bahwa peserta didik sulit memahami materi kimia khususnya materi nanoteknologi dan bahan ajar untuk materi nanoteknologi masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis problem based learning pada materi nanoteknologi fase E SMA/MA yang valid dan praktis untuk memudahkan peserta didik memahami materi nanoteknologi. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian Educational Design Research (EDR) model plomp. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia UNP, guru kimia SMA N 2 Padang dan Peserta didik SMAN 2 Padang. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer dan dikumpulkan menggunakan angket validitas dan lembar praktikalitas. Data hasil validitas dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V, sedangkan data praktikalitas dianalisis dengan menentukan presentase praktikalitas dari perbandingan jumlah skor responden dengan jumlah skor maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...