JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Conversational Implicature in Jay Shetty’s Podcasts Episode Jada Pinkett and Esther Perel

Agustini, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Analisis ini membahas Implikatur Percakapan dalam Episode Podcast Jay Shetty, Jada Pinkett dan Esther Perel. Tujuan dari analisis ini adalah untuk menganalisis jenis dan makna tersirat dari ucapan yang diucapkan oleh para peserta dalam episode podcast Jay Shetty: Jada Pinkett dan Esther Perel. Video tersebut tersedia di saluran YouTube Jay Shetty. Teori yang digunakan untuk menganalisis data adalah teori Implikatur Percakapan yang dikemukakan oleh Grice (1975) untuk mengidentifikasi jenis implikatur yaitu Implikatur Percakapan Umum dan Khusus serta makna tersiratnya. Sumber data diambil dari ucapan yang diucapkan oleh Jay Shetty, Jada Pinkett dan Esther Perel. Dua video dipilih sebagai sumber data dari saluran YouTube Jay Shetty. Metode deskriptif kualitatif diterapkan sebagai metode penelitian. Data diambil dalam bentuk frasa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis implikatur percakapan yang ditemukan dalam percakapan antara pembawa acara dan pewawancara dalam podcast Jay Shetty dengan total 24 data dalam dua video yang dipilih. Pada video pertama ditemukan 15 data yang dapat diklasifikasikan sebagai Generalized Conversational Implicature dan 4 data Particularized Conversational Implicature. Pada video kedua ditemukan total 5 data, 4 data diklasifikasikan sebagai Particularized Conversational Implicature dan 1 data Generalized Conversational Implicature beserta analisis makna tersiratnya dari konteks situasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...