JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Persepsi Peserta Didik terhadap Pengelolaan Kelas Guru dalam Kurikulum Merdeka di SMP Negeri se-Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Ottavia, Vannesa (Unknown)
Hadiyanto, Hadiyanto (Unknown)
Ermita, Ermita (Unknown)
Sulastri, Sulastri (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pengelolaan kelas oleh guru SMP Negeri se-Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan menurut persepsi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali informasi tentang pengelolaan kelas oleh guru berdasarkan persepsi peserta didik terkait dalam kedisiplinan, penataan keindahan dan kebersihan kelas, ventilasi dan pengaturan cahaya, pengaturan tempat duduk peserta didik, pengelompokan peserta didik dan pembinaan hubungan baik. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi peserta didik SMP kelas VII dan IX sebanyak 996 orang, dengan 96 orang sampel yang dipilih dengan menggunakan rumus Slovin dan teknik sratified proportional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengelolaan kelas guru SMP Negeri se-Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh skor rata-rata 4,14 berada pada kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi peserta didik tentang pengelolaan kelas guru sudah dikatakan baik. Untuk pengelolaan kelas yang lebih baik dapat ditingkatkan dengan guru yang melibatkan peserta didik di dalam kelas saat pengambilan keputusan, mengawasi kebersihan kelas, membantu memberikan cahaya tambahan seperti lampu, menggunakan sistem rotasi tempat duduk, melakukan pengelompokan terhadap peserta didik serta menjalin komunikasi dua arah dengan peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...