Penelitian ini bertujuan 1) Mengefektivitaskan penggunaan metode pembelajaran role playing dengan menggunakan wayang kreasi pada peserta didik Kelas IV SDN Carangan 2) Memberi peningkatan pada hasil belajar dari peserta didik lewat penggunaan metode pembelajaran role playing dengan menggunakan wayang kreasi pada peserta didik Kelas IV SDN Carangan. Metode pada penelitian merupakan metode kualitatif digunakan untuk menggali pemahaman tentang bagaimana interaksi antara peserta didik dan materi pelajaran terjadi melalui penggunaan wayang kreasi sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan wayang kreasi sebagai media dalam metode role playing secara positif mempengaruhi partisipasi aktif peserta didik dalam proses belajar, serta meningkatkan motivasi belajar 2) Adanya sebuah pembelajaran yang dapat memberi sebuah kemudahan untuk keseluruhan peserta didik seperti halnya dengan menggunakan sebuah media berupa wayang yang di kreasikan yang terdapat pada sebuah pembelajaran topik asal-usul suatu daerah. Peningkatan hasil belajar diukur dari hasil tes yang diberikan guru.
Copyrights © 2024