Pendidikan sangat penting dalam mewujudkan generasi unggul bangsa. Kurikulum merdeka digunakan sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan. Peserta didik banyak yang belum mampu memahami bacaan dan konsep dasar, maka harus ditingkatkanya literasi peserta didik. Literasi yang cocok digunakan dalam pembelajaran fisika yaitu literasi saintifik. LKPD yang menunjang literasi saintifik sangat jarang dan tidak menunjang kegiatan praktikum. KIT yang tersedia tidak digunakan karena tidak adanya kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas LKPD terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains pada materi kalor. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Bukittinggi dengan kelas XI.F 7 (kelas eksperimen) dan kelas XI.F 1 (kelas kontrol). Instrumen hasil belajar yaitu soal berbentuk objektif yang sudah diuji coba dan instrument keterampilan praoses sains berupa penilaian unjuk kerja. Hasil uji t hasil belajar dengan taraf signifikan 0,05 maka ditolak dan diterima.berarti ada perbedaan hasil belajar peserta didik dengan kontribusi LKPD terintegrasi literasi saintifik sebesar 88,7%. Serta hasil uji t keterampilan proses sains dengan taraf signifikan 0,05 maka ditolak dan diterima, berarti terdapat perbedaan nilai keterampilan proses sains dengan kontribusi LKPD terintegrasi literasi saintifik sebesar 49,8%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024