JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Effectiveness of Scientific Literacy-Integrated LKPD for Using Physics Practical Kits for Heat Topic

Ghaby Sal Sabila (Universitas Negeri Padang)
Hidayati Hidayati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam mewujudkan generasi unggul bangsa. Kurikulum merdeka digunakan sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan. Peserta didik banyak yang belum mampu memahami bacaan dan konsep dasar, maka harus ditingkatkanya literasi peserta didik. Literasi yang cocok digunakan dalam pembelajaran fisika yaitu literasi saintifik. LKPD yang menunjang literasi saintifik sangat jarang dan tidak menunjang kegiatan praktikum. KIT yang tersedia tidak digunakan karena tidak adanya kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas LKPD terintegrasi literasi saintifik untuk penggunaan KIT praktikum terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains pada materi kalor. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Bukittinggi dengan kelas XI.F 7 (kelas eksperimen) dan kelas XI.F 1 (kelas kontrol). Instrumen hasil belajar yaitu soal berbentuk objektif yang sudah diuji coba dan instrument keterampilan praoses sains berupa penilaian unjuk kerja. Hasil uji t hasil belajar dengan taraf signifikan 0,05 maka ditolak dan diterima.berarti ada perbedaan hasil belajar peserta didik dengan kontribusi LKPD terintegrasi literasi saintifik sebesar 88,7%. Serta hasil uji t keterampilan proses sains dengan taraf signifikan 0,05 maka ditolak dan diterima, berarti terdapat perbedaan nilai keterampilan proses sains dengan kontribusi LKPD terintegrasi literasi saintifik sebesar 49,8%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...