Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV dalam pembelajaran IPAS, yang disebabkan oleh penggunaan metode konvensional oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IVA SDN Pedurungan Lor 01 melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus, terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi (angket), tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPAS melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas IVA SDN Pedurungan Lor 01, dengan persentase ketuntasan awal prasiklus sebesar 39%, siklus I sebesar 67%, dan siklus II sebesar 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS.
Copyrights © 2024