Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengenalan tari tradisional Minangkabau bagi anak usia dini dalam upaya menginternalisasi nilai-nilai budaya di Taman Kanak-Kanak Hauriyah Halum Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari anak-anak kelompok bermain, TK A, dan TK B, sementara informan adalah kepala sekolah dan guru. Data dianalisis secara kualitatif melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan tari tradisional Minangkabau dilakukan pada hari Selasa melalui kegiatan berbaris dan pembelajaran, dengan upaya internalisasi nilai budaya dilakukan melalui cerita tentang filosofi/sejarah tari serta demonstrasi properti dan atribut tarian.
Copyrights © 2024