Penelitian ini dilatarbelakangi pada masalah keterlambatan perkembangan kemampuan membaca permulaan anak dengan disabilitas rungu di SLB N 1 Lubuk Sikaping Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan tesebut dengan menggunakan permainan scrabble. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR). Hasil analisis sebanyak 16 kali pengamatan, data yang didapatkan mengalami peningkatan yaitu kondisi baseline (A1) stabil pada persentase 33,33%, kondisi intervensi meningkat menjadi stabil diangka 80% dan kondisi baseline (A2) meningkat menjadi stabi di persentase 93,33%. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak disabilitas rungu dalam membaca permulaan meningkat setelah menggunakan permainan scrabble. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan dari kondisi baseline (A1) ke kondisi baseline (A2) setelah diberikan intervensi.
Copyrights © 2024