JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ruqyah Aswaja di Masjid Besar At-Taqwa Kedung Banteng Tegal

Utomo, Aldi Prasetyo (Unknown)
Nurliana, Siti (Unknown)
Susanto, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Penelitian tentang praktik ruqyah Aswaja di Masjid Besar At-Taqwa, Kedung Banteng, Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tahapan pelaksanaan ruqyah, faktor pendukung dan penghambat, serta manfaat dari kegiatan ruqyah tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ruqyah terdiri dari dua tahap: pra acara dan pelaksanaan ruqyah itu sendiri. Faktor pendukung utama adalah antusiasme masyarakat yang mengalami gangguan yang tidak dapat dijelaskan secara medis. Faktor penghambatnya adalah proses negosiasi dengan jin. Manfaat ruqyah termasuk penyembuhan dari gangguan jin dan sihir, perlindungan spiritual, serta peningkatan kualitas ibadah dan akhlak. Ruqyah juga mengandung nilai-nilai pendidikan Islam seperti aqidah, tauhid, ibadah, dan keikhlasan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...