JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Konsep Diri, Cara Belajar, Aktivitas Belajar, Pemanfaatan Media Pembelajaran, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 3 Padang

Bustami, Nelli (Unknown)
Amelia, Mona (Unknown)
Selvia, Nisha (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh konsep diri, cara belajar, aktivitas belajar, pemanfaatan media pembelajaran, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN 3 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama konsep diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, Kedua cara belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, Ketiga aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Keempat pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh negatif signifikan terhadap prestasi belajar. Kelima fasilitas belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Keenam konsep diri, cara belajar, aktivitas belajar, pemanfaatan media pembelajaran, dan fasilitas belajar secara bersama- sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...