Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: pengaruh konsep diri, cara belajar, aktivitas belajar, pemanfaatan media pembelajaran, dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MAN 3 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama konsep diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, Kedua cara belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, Ketiga aktivitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Keempat pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh negatif signifikan terhadap prestasi belajar. Kelima fasilitas belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Keenam konsep diri, cara belajar, aktivitas belajar, pemanfaatan media pembelajaran, dan fasilitas belajar secara bersama- sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.
Copyrights © 2024