JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PJOK Kelas XI SMA Negeri 8 Semarang

Fandy Falata (Universitas PGRI Semarang)
Muh. Isna (Universitas PGRI Semarang)
Suin Suin (Universitas PGRI Semarang)
Agus Wiyanto (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Masih banyak peserta didik yang kurang memiliki minat dalam berolahraga. Temuan lainnya juga menyatakan bahwa masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Selain itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor internal apa yang menyebabkan kurangnya minat peserta didik belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 8 Semarang, 2) faktor eksternal apa yang menyebabkan kurangnya minat siwa belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 8 Semarang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah informan sebanyak 27 orang. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) faktor internal yang menyebabkan kurangnya minat peserta didik belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan Kelas X di SMA Negeri 8 Semarang adalah: (a) faktor aspek jasmaniah yang mencakup kondisi fisik atau kesehatan dari individu peserta didik tersebut seperti sering kelelahan adanya rasa sakit di bagian kaki, tangan dan kepala peserta didik 2) Faktor eksternal yang menyebabkan adalah : (a) faktor keterbatasan alat untuk berolahraga (b) lapangan yang kurang mendukung, kotor dan tidak rata (c) suasana dan cuaca yang panas dikarenakan dekat dengan pantai (c) adanya ajakan dari teman sekolah maupun dari lokal lain saat berolahraga. Pembelajaran PJOK meningkatkan kebugaran peserta didik. Temuan lain juga menyatakan bahwa pembelajaran PJOK dapat mengembangkan karakter yang baik kepada peserta didik agar peserta didik dapat memiliki kepribadian yang kuat dan sikap cinta kasih dengan lingkungan sekitar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...