JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Pembelajaran Sosial Emosional melalui Literasi Membaca dan Bercerita di Kelas 2 SDN Bugangan 01Analisis Pembelajaran Sosial Emosional melalui Literasi Membaca dan Bercerita di Kelas 2 SDN Bugangan 01

Jodi, Anang Setyawan (Unknown)
Puranamasari, Veryliana (Unknown)
Damayani, Aries Tika (Unknown)
Badriyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2024

Abstract

Pembelajaran siswa tidak terbatas pada mendiskusikan konten dalam mata pelajaran. Selain itu, siswa memerlukan pembelajaran sosial dan emosional. Pembelajaran sosial emosional yang buruk mempunyai dampak yang sangat negatif terhadap perkembangan siswa dalam bidang akademik, psikomotor, kognitif, dan emosional. Untuk mencegah permasalahan membaca dan menulis pada anak serta perkembangan kepribadian pada usia dini, maka dilakukan penelitian yang berjudul Analisis Pembelajaran Sosial Emosional melalui Literasi Membaca dan Bercerita di Kelas 2 SDN Bugangan 01. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai penguatan. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SDN Bugangan 01. Beberapa hal yang mendukung penelitian ini adalah perlunya memahami gambaran pemahaman sosial emosional secara utuh melalui literasi membaca dan bercerita untuk membangun karakter anak sejak dini sebagai refleksi dan evaluasi sejak dini. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran sosial emosional melalui literasi membaca dan bercerita di kelas 2 SDN Bugangan 01. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada kegiatan PPL II PPG Prajabatan mendapatkan hasil terkait Analisis Pembelajaran Sosial Emosional melalui Literasi Membaca dan Bercerita di Kelas 2 SDN Bugangan 01 adalah seluruh kegiatan yang dilakukan peserta didik berkaitan dengan pembelajaran sosial emosional yang sudah memenuhi indikator penelitian kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, kemampuan membangun hubungan, dan mengambilan keputusan yang bertanggungjawab melalui literasi membaca dan bercerita. Hal ini disimpulkan berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...