JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Peserta Didik Kelas XI.2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tanjungpinang T.P 2024/2025

Maharani, Dewi (Unknown)
Andheska, Harry (Unknown)
Danur, Afrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 2 Tanjungpinang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian peserta didik kelas IX.2 SMP Negeri 2 Tanjungpinang. Sumber data didapatkan dari guru dan peserta didik. Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuntitatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan TaRL dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Ketuntasan kelas mengalami peningkatan dari prasiklus yang hasilnya 15,14%. Selanjutnya diterapkan pendekatan TaRL pada siklus I menjadi 66,22% dan pada siklus II menjadi 85,4%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi peserta didik dengan menggunakan model dan pendekatan yang digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...