JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Menggunakan Media Youtube Pada Peserta Didik Kelas XI 5 SMA Negeri 6 Palembang

Putri Ersya (Universitas PGRI Palembang)
Missriani Missriani (Universitas PGRI Palembang)
Yenni Apriliani (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI 5 SMA Negeri 6 Palembang yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur peserta didik kelas XI 5 di SMA Negeri 6 Palembang dengan menggunakan media Youtube. Penelitian ini juga berupaya mengintegrasikan media Youtube sebagai media ajar ke dalam kurikulum merdeka dengan memperluas pendekatan pembelajaran yang mereka gunakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif untuk menggambarkan kemampuan menulis teks prosedur sebelum dan setelah dilakukan tindakan. Analisis kualitatif digunakan untuk mencatat observasi lapangan dan hasil wawancara, sementara data kuantitatif diperoleh dari evaluasi menulis teks prosedur sebelum dan setelah tindakan dilakukan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, pengamatan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis dilakukan dengan teknik deskrtif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Keabsahan data yang diperoleh melalui validitas (proses, hasil, dan demokratik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Youtube dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur pada peserta didik kelas XI 5 SMA Negeri 6 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...