JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Berbasis Kolaboratif pada Pembelajaran IPAS Materi Kearifan Lokal Peserta Didik Kelas IV SDN Joglo Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024

Pratiwi, Risma (Unknown)
Handini, Oktiana (Unknown)
Mustofa, Mukhlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis implementasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis kolaboratif pembelajaran IPAS materi kearifan lokal peserta didik kelas IV SDN Joglo Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini memanfaatkan strategi kualitatif juga merupakan versi penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data adalah triangulasi. Berdasarkan hasilnya, peneliti berhasil merumuskan bahwa sekolah memanfaatkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis kolaboratif untuk mengajar materi kearifan lokal di pembelajaran IPAS dalam lima tahap. Tahapan orientasi peserta didik pada masalah, tahapan mengorganisasikan peserta didik, tahapan membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, tahapan mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan tahapan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran berbasis masalah PBL (Problem Based Learning) berbasis kolaboratif yang diterapkan pada pembelajaran IPAS materi kearifan lokal peserta didik kelas IV SDN Joglo Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024 terlaksana sesuai pedoman teori implementasi model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) berbasis kolaboratif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...