Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi baca-tulis. Kedua, mendeskripsikan faktor-faktor kendala pengimplementasian gerakan literasi baca-tulis. Ketiga, mendeskripsikan upaya yang dilakukan sekolah dalam mengatasi kendala pelaksanaan gerakan literasi baca-tulis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian metode campuran (mixed method). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 43 Padang. Data dalam penelitian ini adalah hasil pengumpulan data tentang pemahaman dan pelaksanaan gerakan literasi baca-tulis yang dilakukan oleh siswa dan guru melalui observasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Untuk penganalisisan data, digunakan teknik analisis data kualitatif, analisis data kuantitatif, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan Pertama, pelaksanaan gerakan literasi baca-tulis di SMP Negeri 43 Padang sudah terlaksana dengan baik yang menunjukkan ketercapaian 72% dengan kategori baik. Kedua, kendala implementasi gerakan literasi baca-tulis di SMP Negeri 43 Padang, yaitu kurangnya minat baca-tulis siswa, kurangnya pengawasan orangtua di rumah, dan keterbatasan sarana prasarana yang memadai. Ketiga, upaya sekolah mengatasi kendala pelaksanaan gerakan literasi baca-tulis di SMP Negeri 43 Padang, yaitu guru menggunakan metode menarik dalam mendampingi siswa, sekolah memanfaatkan ruangan yang ada untuk perpustakaan, serta guru dan siswa membawa buku bacaan dari rumah.
Copyrights © 2024