Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan TPACK berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar kognitif Matematika di kelas I di SDN Pedurungan Tengah 02. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Pre-eksperimental design one group pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IA SDN Pedurungan Tengah 02 dengan jumlah 30 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Nilai t hitung sebesar 4,014 > dari 2,750 (t tabel) dapat diartikan adanya perbedaan terhadap signifikan pada nilai rata-rata pre-test dan post-test siswa. Nilai rata-rata pre-test sebesar 72,6 dan post-test sebesar 80,2 yang berarti terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 7,6 setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan pendekatan TPACK berbasis media interaktif. Hasil uji t-test dari Sig. (2-tailed) yaitu 0,000, yang berarti < 0,05, dengan demikian berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan TPACK berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar kognitif Matematika di kelas I di SDN Pedurungan Tengah 02.
Copyrights © 2024