JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Meningkatkan Keterampilan Shooting dengan Modifikasi Permainan pada Pembelajaran Handball di SMP Negeri 2 Semarang

Imadudin, Nicky (Unknown)
Kresnapati, Pandu (Unknown)
Juwahir, Juwahir (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Memiliki keterampilan teknik dasar sangat penting dalam permainan olahraga, baik olahraga tim maupun individu. Salah satu cabang olahraga permaianan dengan jenis invasi dan dilakukan beregu adalah handball. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran handball dan keterampilan dasar khususnya shooting. Tindakan yang dipilih yaitu memodifikasi permainan handball menyesuaikan sarana prasarana dan minat peserta didik. Pembelajaran terdiri dari beberapa siklus dengan setaip siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ditetapkan dengan ketuntasan klasikal kelas sebesar 75% dengan KKM nilai 80. Instrumen pegumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes keterampilan shooting handball. Data disajikan dalam bentuk deskriptif melalui tahap pengumpulan data, meringkas data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Data penelitian yang diperoleh menunjukkan peningkatan keterampilan shooting pada peserta didik, data pra-siklus terdapat 41,2% peserta didik mencapai ketuntasan yang selanjutnya meningkat hingga siklus II ketuntasan kelas mencapai 85,3%. Rata-rata nilai yang diperoleh pada pra-siklus dan pada siklus II menjadi 85. Modifikasi pada permainan handball membuat pembelajaran menjadi lebih aktif dan memberikan pengalaman langsung yang membantu peningkatan teknik dasar pada peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan modifikasi permainan pada pembelajaran handball dapat meningkatkan keterampilan shooting peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...