JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Urgensi Layanan Pendidikan yang Bermutu di Desa Terisolasi (Studi kasus Desa Bumi Pratama Mandira, Ogan Komering Ilir)

Ubaidillah, Ubaidillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Pendidikan yang bermutu merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Namun, pada kenyataannya masih banyak desa-desa di Indonesia yang menghadapi tantangan dalam penyediaan layanan Pendidikan yang bermutu, termasuk desa Bumi Pratama Mandira. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi urgensi layanan Pendidikan yang bermutu di desa Bumi Pratama Mandira dan dampak dari rendahnya mutu Pendidikan di desa tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desa Bumi Pratama Mandira menghadapi berbagai tantangan dalam penyediaan layanan Pendidikan yang bermutu, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, kualitas guru yang masih rendah, serta kondisi geografis yang menghambat asesibilitas. Dampak dari rendahnya mutu Pendidikan di desa Bumi Pratama Mandira adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia, minimnya inovasi dan kreativitas, serta anak usia pelajar mudah melakukan perbuatan yang melanggar norma sosial dan agama. Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya strategis untuk meningkatkan mutu Pendidikan di desa Bumi Pratama Mandira, seperti peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas dan kompetensi guru, serta peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...