JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Komunikasi Partisipatif Berbasis Community Based Tourism Sebagai Pendukung Agrowisata Berkelanjutan di Desa Melung

Hayah, Nabila Fatha Zainatul (Unknown)
Nawawi, Nawawi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Produk pariwisata atau desa agrowisata mempunyai karakteristik seperti lingkaran hidup pendek, risiko tinggi, perbedaan tinggi, keberagaman tinggi, tingkat daya saing ketat, dan mudah dicontoh karena industri ini membutuhkan kecerdikan dan inovasi untuk menopang atau memperpanjang siklus hidup produknya. Untuk itu kegiatan dalam industri pariwisata perlu dirancang dalam rangka untuk lebih mensejahterakan masyarakat di daerah wisata tersebut maupun bagi pengunjung (wisatawan). Salah satu konsep pengelolaan dalam upaya memberikan nilai tambah ganda tersebut adalah melalui konsep pengembangan pariwisata berbasis komunitas atau masyarakat terutama di pedesaan. Pariwisata berbasis komunitas (Community Based Tourism) adalah sebuah konsep yang menekankan masyarakat untuk mampu mengelola dan mengembangkan objek wisata oleh mereka sendiri. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengembangan destinasi wisata melalui konsep Community Based Tourism (CBT) merupakan salah satu solusi dalam pengelolaan suatu kawasan khususnya yang akan dikembangkan menjadi desa wisata, salah satunya Desa Melung yang memiliki potensi berupa landscape alam yang beragam dan luas seperti pesawahan dan perbukitan dengan formasi batuan yang menjadikan kawasan tersebut memiliki nilai ekonomis jika dikelola dengan baik. Potensi tersebut perlu dikelola serta dikembangkan menjadi BUMDES yang dikelola oleh masyarakat setempat selain menambah pendapatan bagi Desa Melung atau pendapatan asli desa (PADes) juga akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat setempat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...