Tujuan. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada e-commerce. Metode. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan Populasi yang akan ada dalam penelitian ini adalah semua orang yang menggunakan aplikasi shopee. Sampel yang akan diambil untuk penelitian ini adalah berkisaran 100 sampel. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik non-probability sampling dan metode purposive sampling. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Dengan teknik analisis data yang akan di gunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, uji hipotesisi, yang terdiiri dari uji koefisien determinasi. Hasil. Dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Variabel kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen, (2) Variabel promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Implikasi. Berdasarkan hasil penelitian dari variabel kualitas layanan dan promosi dalam mempengaruhi kepuasan konsumen pada e-commerce, oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas layanan yang baik dan benar serta memberikan promosi yang dapat menarik perhatian para konsumen, upaya tersebut dapat dengan melihat dan memahami keinginan pelanggan agar tercipta pengalaman positif yang nantinya akan menjadi acuan bagi konsumen lain dalam kepuasan pembelian dalam berbelanja di e-commerce.
Copyrights © 2024