Jurnal Arastirma
Vol. 4 No. 2 (2024): JURNAL ARASTIRMA

Pengaruh Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E-commerce

Oktaviani, Veronika (Unknown)
Nataliani, Nataliani (Unknown)
Wahyuni Tunggal Dewi, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Tujuan. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada e-commerce. Metode. Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan Populasi yang akan ada dalam penelitian ini adalah semua orang yang menggunakan aplikasi shopee. Sampel yang akan diambil untuk penelitian ini adalah berkisaran 100 sampel. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik non-probability sampling dan metode purposive sampling. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Dengan teknik analisis data yang akan di gunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, uji hipotesisi, yang terdiiri dari uji koefisien determinasi. Hasil. Dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Variabel kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen, (2) Variabel promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Implikasi. Berdasarkan hasil penelitian dari variabel kualitas layanan dan promosi dalam mempengaruhi kepuasan konsumen pada e-commerce, oleh karena itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas layanan yang baik dan benar serta memberikan promosi yang dapat menarik perhatian para konsumen, upaya tersebut dapat dengan melihat dan memahami keinginan pelanggan agar tercipta pengalaman positif yang nantinya akan menjadi acuan bagi konsumen lain dalam kepuasan pembelian dalam berbelanja di e-commerce.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jaras

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ARASTIRMA adalah jurnal ilmiah yang meliputi kajian di bidang Sumber Daya Manusia, Pemasaran dan Keuangan yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Banten. JURNAL ARASTIRMA secara teratur diterbitkan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu pada ...