Jurnal Arastirma
Vol. 4 No. 2 (2024): JURNAL ARASTIRMA

Pengaruh Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahaan, dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli di E-Commerce Tokopedia di Tangerang Selatan

Supriyatna, Wawan (Unknown)
Zakaria, Zakaria (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi risiko, persepsi kemudahaan dan persepsi manfaat terhadap minat beli di E-Commerce Tokopedia. Metode yang digunakan dengan metode kuantitatif. Metode. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kasualitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Tokopedia di Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pegumpulan data menggunakan kuesioner dan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji statistic dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan menggunakan software PLS 3.0. Hasil. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan Persepsi Risiko terhadap Minat Beli. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Kemudahaan terhadap Minat Beli. Tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli. Implikasi. Website Tokopedia harus mempertahankan dan meningkatkan keyakinan akan jaminan keamanan bagi konsumen. Hal ini dikarenakan konsumen telah merasakan adanya privasi dalam pengelolaan data pribadi konsumen dalam bertransaksi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jaras

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ARASTIRMA adalah jurnal ilmiah yang meliputi kajian di bidang Sumber Daya Manusia, Pemasaran dan Keuangan yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Banten. JURNAL ARASTIRMA secara teratur diterbitkan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu pada ...