Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tentang google classroom sebagai kelas online untuk digunakan pada pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi guru Madrasah Tsanawiyah (MTs). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 peserta Pelatihan TIK yang berasal dari guru MTs di Wilayah Provinsi Maluku. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian widyaiswara, lembar penilaian peserta pelatihan, dan soal berbentuk pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan peserta pelatihan serta lembar rubrik penilaian praktik untuk penilaian keterampilan. Bahan ajar dinyatakan valid apabila hasil penilaian dari para ahli minimal masuk pada kategori baik. Bahan ajar dinyatakan praktis apabila penilaian widyaiswara dan peserta pelatihan minimal masuk pada kategori Baik. Bahan ajar dinyatakan efektif apabila 75% nilai Pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan pada materi Pembuatan dan pemanfaatan google classroom sebagai kelas online adalah minimal 80. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar tentang pembuatan dan pemanfaatan google classroom sebagai kelas online yang layak yaitu valid, praktis dan efektif. Hasil dari penelitian ini berupa bahan ajar diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif sumber belajar untuk peserta pelatihan pada setiap penyelenggaraan pelatihan TIK MTs
Copyrights © 2023