Jurnal Perspektif
Vol. 16 No. 2 (2023): Jurnal Perspektif

Pengembangan Bahan Ajar Tentang Google Classroom Sebagai Kelas Online Menggunakan Model ADDIE

Waritsman, Arsyil (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tentang google classroom sebagai kelas online untuk digunakan pada pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi guru Madrasah Tsanawiyah (MTs). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 peserta Pelatihan TIK yang berasal dari guru MTs di Wilayah Provinsi Maluku. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian widyaiswara, lembar penilaian peserta pelatihan, dan soal berbentuk pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan peserta pelatihan serta lembar rubrik penilaian praktik untuk penilaian keterampilan. Bahan ajar dinyatakan valid apabila hasil penilaian dari para ahli minimal masuk pada kategori baik. Bahan ajar dinyatakan praktis apabila penilaian widyaiswara dan peserta pelatihan minimal masuk pada kategori Baik. Bahan ajar dinyatakan efektif apabila 75% nilai Pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan pada materi Pembuatan dan pemanfaatan google classroom sebagai kelas online adalah minimal 80. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar tentang pembuatan dan pemanfaatan google classroom sebagai kelas online yang layak yaitu valid, praktis dan efektif. Hasil dari penelitian ini berupa bahan ajar diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif sumber belajar untuk peserta pelatihan pada setiap penyelenggaraan pelatihan TIK MTs

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Perspektif 0n 2020 (p-ISSN: 1979-9624, e-ISSN: 2776-3900) the official scientific journal of Balai Diklat Keagamaan Palembang is entering its 13th year.The printed version was firstly published in 2007.From 2019 onwards, the electronic version was available two times (in june and December). ...