Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping. Adapun metode penelitian adalah pre-experimental dengan hanya menggunakan kelas eksperimen saja dengan design penelitian one group pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan implementasi pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping memperoleh nilai rata-rata pre-test 54,77 dan nilai rata-rata post-test 81,59 dengan nilai rata-rata peningkatan 26,82. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan implementasi pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping memperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,61. Artinya model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kratif siswa dengan kategori sedang. Artinya terdapat peningkatan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa dengan implementasi model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Copyrights © 2024