J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 1 (2024): FEBRUARI

IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MEMBEKALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMP TERPADU AL HASAN CIAMIS

Shari, Ihdina Milga (Unknown)
Yulisma, Lia (Unknown)
Ernasari, Euis (Unknown)
Nurani, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait implementasi model Project Based Learning (PjBL) untuk membekalkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem peredaran darah di SMP Terpadu Al Hasan Ciamis. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaborasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA yang terdiri atas 23 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri atas tes kemampuan berpikir kreatif berupa soal uraian. Dilakukan analisis berupa uji beda rata-rata nilai siswa saat sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan uji Wilcoxon, untuk selanjutnya dilakukan uji analisis N-Gain dengan bantuan program SPSS Ver. 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat kenaikan nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif dari kategori kurang menjadi kategori baik. Indikator berpikir kreatif yang mengalami peningkatan dengan capaian N-Gain dalam kategori sedang ialah berpikir luwes (flexibility). Sedangkan, untuk indikator berpikir lancar (fluency), berpikir orisinil (originality) dan memerinci (elaboration) memperoleh capaian N-Gain dalam kategori rendah. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model PjBL mampu membekalkan kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem peredaran darah dengan capaian kategori N-Gain sedang (0,673).Kata Kunci: Model Project Based Learning, Berpikir Kreatif, Sistem Peredaran Darah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...