Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran administrasi pajak di SMK. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan sampel 72 siswa yang diambil secara acak menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi serta menggunakan jenis validitas isi. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas dengan hasil data berdistribusi normal dan bersifat homogen. Analisis data dengan uji hipotesis Independent Sample T-Test dengan hasil nilai sig. (2-tailed) = < 0,001 yang memenuhi kriteria sig. (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis diterima serta N-Gain yang menunjukkan nilai 0,64 pada kelas eksperimen dan 0,42 pada kelas kontrol, artinya kedua kelas masuk dalam kategori sedang. Meskipun demikian, angka perolehan kelas eksperiman lebih tinggi dari kelas kontrol sehingga perlakuan kepada kelas eksperimen memiliki efektivitas yang lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan demikian model problem based learning berbantuan mind mapping memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa di SMK XYZ. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi guru dalam membina kegiatan pembelajaran untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, baik dalam mata pelajaran administrasi pajak maupun lainnya.
Copyrights © 2024