Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan keterampilan guru mengajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Muhammadiyah 1 Kota Pekanbaru. Jenis ini adalah penelitian korelasional. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kereativitas guru dan hasil belajar siswa. Analisis data thitung ((3.770 > 1.972), sehingga diperoleh di daerah penerimaan Ho (Ha diterima, Ho ditolak). Kreativitas dan Keterampilan Guru Mengajar terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Kota Pekanbaru memiliki Fhitung (1019.036) > Ftabel (2.65) sehingga diperoleh di daerah penerimaan Ha (Ho ditolak, Ha diterima) dan sig f < 0,05 (0,005< 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kreativitas guru dan keterampilan guru Mengajar secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh signifikan dengan hasil belajar siswa. Implikasi pada penelitian ini adalah untuk menambah wawasan kreativitas dan ketrampilan guru Pendidikan Agama Islam.
Copyrights © 2023