Saat yang paling sulit berada pada masa remaja pertengahan, karena saat masa remaja pertengahan banyak masalah yang dihadapi, salah satu masalah yang dihadapi yaitu kemandirian belajar remaja. Remaja pada usia antara 15 hingga 18 tahun berada pada masa pendidikan. Masa pendidikan salah satu bagian dalam pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas, salah satu faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar remaja yaitu kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar pada remaja. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Stratified Random Sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 89 orang dari 390 populasi remaja di SMA Negeri 1 Kolaka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri dan skala kemandirian belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Person’s Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan kemandirian belajar pada remaja kelas XI dengan nilai korelasi sebesar 0,438.
Copyrights © 2024