Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlu adanya sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa dalam proses pembelajaran, salah satunya yaitu modul ajar. Fakta menunjukkan bahwa tidak banyak modul ajar yang mampu memenuhi kebutuhan belajar serta belum adanya variasi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital praktik mengajar berbasis masalah pada Mata Kuliah Pembelajaran IPA SD yang valid. Melalui pengembangan Modul digital ini dapat menambah keberagaman dari bahan ajar, sehingga dapat terciptanya pembelajaran yang bervariasi. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian ADDIE, terdiri dari: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek penelitian ini adalah 6 ahli untuk mengetahui validitas modul digital yang dikembangkan. Objek dalam penelitian ini adalah validitas modul digital praktik mengajar berbasis masalah pada mata kuliah pembelajaran IPA SD. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil hasil yaitu modul digital praktik mengajar berbasis masalah pada mata kuliah pembelajaran IPA SD yang valid. Dapat disimpulkan bahwa model digital praktik mengajar berbasis masalah pada mata kuliah IPA SD layak digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2024