Penjualan produk pada CIRCLE’K belum memanfaatkan algoritma data mining yang dapat membantu menganalisis data transaksi untuk mengoptimalkan penjualan dan juga dapat mengurangi banyak sisa produk yang tidak terbeli oleh pembeli. Untuk menghindari terjadinya sisa jenis produk yang kurang peminatnya dan mengetahui jenis-jenis produk mana saja yang laris terjual diperlukan algoritma apriori. Algoritma apriori dapat mengetahui hal tersebut berdasarkan data transaksi yang terjadi. Penelitian ini melakukan analisis data transaksi menggunakan data mining dengan metode algoritma apriori, menggunakan algoritma tersebut dapat diketahui keterkaitan antara item satu dengan item yang lain, sehingga dapat menyusun strategi memasarkan pruduk berdasarkan keterkaitan antar item.hasil akhir didapatkan produk terlaris adalah produk terlaris ialah es kopi susu gula aren, Hot dog chicken chili con carne, Kebab crispy chicken, kebab beef rol, Pao coklat dan Sosis bakar chicken. Hasil akhir prosesnya ialah ada 7 aturan asosiasi berdasarkan parameter yang sebelumnya telah ditentukan yaitu nilai minimum support-nya 50% dan minimum confidence-nya 60%.
Copyrights © 2023