Jurnal Sains dan Teknologi
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Sains dan Teknologi

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPAS

Fithriyani, Ifith (Unknown)
Rostikawati, Teti (Unknown)
Mulyawati, Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Bagian Tubuh Tumbuhan melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup di Sekolah Dasar Negeri Pajajaran. Subyek penelitian siswa kelas IV A dan IV b Sekolah Dasar Negeri Pajajaran Kota Bogor yang terdiri dari 50 siswa, penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar bagian tubuh tumbuhan. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 56,7 sedangkan kelompok kelas kontrol mendapatkan skor N-Gain sebesar 45. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok kelas eksperimen sebesar 84%, sedangkan pada kelompok kelas kontrol sebesar 72%. Serta pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung (2.11044) > ttabel (1,67722). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bagian Tubuh Tumbuhan melalui penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

saintek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Mathematics Physics Social Sciences

Description

SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknologi) adalah jurnal peer reviewed dan Open-Access. SAINTEK merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) STMIK Pelita Nusantara. SAINTEK mengundang para peneliti, dosen, dan praktisi di seluruh dunia untuk bertukar dan memajukan ...