Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling sebaya terhadap School Well Being dan Adversity Intelligence. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif deskriptif dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu, siswa dan siswi SMP Muhammadiyah Pleret Bantul, untuk memperoleh subjek dalam penelitian ini peneliti menggunakan purposive sampling sebagai teknik penetapan subjek. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang. Hal ini dilakukan karena adanya karakteristik khusus terhadap subjek. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan adaptasi skala Schoole Well Being (SWB) dan skala Adversty Intelegenc (AI), kedua skala dalam risert ini disusun berdasarkan teori Konu dan Rimpela untuk skala Schoole Well Being dan teori Saltoz untuk skala Adversty Intelegenc, yang telah diadaptasi dalam penelitian Diyah. F. K (2021). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan konselor sebaya berpengaruh positif terhadap School Well Being dan Adversity Intelligence pada siswa dimasa pandemi covid- 19, hasil yang diperoleh yaitu nilai t sebesar 32.508 dengan nilai signifikasi (Sig(2- tailed)) sebesar 0.000 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 (p<0,05).
Copyrights © 2023