Jurnal Sains dan Teknologi
Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal Sains Dan Teknologi

Penerapan Model Interesting, Read Encode, Annotating, And Pondering (Strategy Reap) Dalam Memotret Kemampuan Pelajar Asing Thailand Untuk Menulis Teks Fungsional

Rizki Arista, Annisa (Unknown)
Syamsuyurnita, Syamsuyurnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Pendidik perlu mengetahui pentingnya kegiatan membaca pemahaman sebagai kegiatan yang memengaruhi pemerolehan informasi oleh peserta didik terhadap suatu ilmu baru melalui teks yang dibaca. Kegiatan membaca pemahaman penting untuk semua muatan pelajaran, maka dari itu penddidik perlu mengetahui strategi yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan membaca pemahaman sebagai tingkat yang lebih tinggi dan rumit dari kegiatan membaca, sehingga peserta didik dapat memperoleh informasi baru dengan pengalaman membaca yang berkesan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskribsikan tentaang kegiatan membaca pemahaman, (2) mendeskribsikan strategi REAP untuk kegiatan membaca pemahaman. Haasil dari penelitian ini adalah: (1) kegiatan membaca pemahaman merupakan kegiatan membaca yang ilaakukaan untuk memeroleh informasi baru. (2) Strategi REAP merupakan strategi yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan membaca pemahaman melalui empat langkah, yaitu: Reading (membaca), Encoding (menyandikan), Annotating (menganotasikan, dan Pondering (merenungkan). Abstrak dalam bahasa Indonesia mengikuti kaidah dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

saintek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Mathematics Physics Social Sciences

Description

SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknologi) adalah jurnal peer reviewed dan Open-Access. SAINTEK merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) STMIK Pelita Nusantara. SAINTEK mengundang para peneliti, dosen, dan praktisi di seluruh dunia untuk bertukar dan memajukan ...