Kurangnya pemahaman mendalam mengenai algoritma PID di kalangan siswa dan tenaga pengajar, yang sering mengakibatkan penerapan yang kurang optimal dalam sistem kontrol otomatisasi. Oleh karena itu, pengembangan trainer pembelajaran PID sangat penting untuk menyediakan pemahaman teoritis dan praktik yang lebih baik, sehingga meningkatkan kompetensi dalam kontrol otomatisasi. Penelitian ini mengembangkan modul pembelajaran yang bertujuan untuk membantu mahasiswa atau pelajar dalam mempelajari kendali PID secara lebih efektif. Diharapkan kontribusinya dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis dalam bidang kendali PID dan sistem otomatisasi. Melalui trainer kendali kecepatan motor DC yang dibuat, pengujian dilakukan dengan parameter Kp=1, Ki=0,5, dan Kd=0,5, yang menghasilkan rata-rata overshoot sebesar 21%, waktu penyelesaian 2,106 detik, dan error steady state sebesar 20%. Temuan ini menunjukkan potensi pengembangan alat pengendalian sistem pada skala industri lebih lanjut dan pembuatan trainer untuk konsep-konsep kendali yang lebih kompleks di masa mendatang.
Copyrights © 2024