Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE)
Vol 6, No 2 (2023)

ANALISIS INSTRUMEN EVALUASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMAN 1 WOYLA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Suharman, Suharman (Unknown)
Hasan, Khairuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk melakukan analisis instrumen evaluasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh. Subjek penelitian ini adalah item soal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022 dan hasil belajar siswa. Analisis dilakukan dengan menggunakan program ANATES. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 20 item soal, hanya satu yang memiliki kualitas daya pembeda sangat buruk dan harus ditolak yaitu item soal nomor 17 dengan indeks daya pembeda 0.00, berdasarkan kriteria 0.  Adapun item yang harus diperbaiki adalah item soal no 7 dan 18 karena berada pada indeks daya pembeda 0 D 0.25, tepatnya 20.00 dan 16.67. Dari 180 pengecoh yang digunakan, sebanyak 48 opsi pengecoh harus diperbaiki karena berada pada kategori kurang baik berjumlah 17, buruk berjumlah 21 dan sangat buruk berjumlah 10. Sisa pengecoh sebanyak 132 opsi berkategori baik dan sangat baik.Diharapkan ada perbaikan terhadap instrumen evaluasi yang digunakan. Evaluasi mempertimbangkan tingkat kerumitan, daya pembeda, validitas, dan reliabilitas instrumen. Hasil belajar siswa cukup baik. Namun, beberapa siswa memperoleh hasil yang kurang memuaskan. Direkomendasikan kepada guru untuk memberikan penanganan pada faktor penyebab internal dan eksternal. Pendelegasian peran pendampingan kepada orang tua pada pembelajaran jarak jauh dapat menjadi solusi. Kombinasi pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran tatap muka menjadi treatment option.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrtie

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

JRTIE mengundang para cendekiawan, peneliti, pengkaji, peminat, dan mahasiswa untuk menyumbangkan hasil penelitian dan pemikirannya tentang Pendidikan Agama Islam yang mencakup penelitian pustaka dan penelitian lapangan dengan berbagai perspektif, seperti; hukum, filsafat, mistisisme, sejarah, seni, ...