Education Journal: Journal Educational Research and Development
Vol. 8 No. 1 (2024)

Analisis Validitas Isi Butir Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 4 Jember

Arinda, Annisa Dini (Unknown)
Sri (Unknown)
Herlindawati, Dwi (Unknown)
Vera Dinata, Erva (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Analisis pembelajaran merupakan sebuah proses yang penting dilakukan oleh guru untuk mengetahui perkembangan peserta didik. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan peserta didik adalah dengan memberikan serangkaian tes. SMA Negeri 4 Jember menggunakan soal buatan guru berjenis pilihan ganda pada Penilaian Akhir Semester (PAS). Soal yang diberikan guru harus memenuhi syarat soal yang baik yaitu salah satunya adalah valid. Soal yang valid akan dapat memberikan informasi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas isi pada soal yang dibuat oleh guru mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Jember. Metode yang digunakan merupakan statistik deskriptif. Hasil yang didapatkan yaitu dari 30 butir soal dinyatakan valid. Namun masih ada beberapa soal yang masih belum sesuai dengan kaidah penulisan soal pilihan ganda yang terdapat kartu telaah sehingga soal masih harus diperbaiki

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Journal: Journal Educational Research and Development is a scientific journal managed by LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is ...