Education Journal: Journal Educational Research and Development
Vol. 8 No. 1 (2024)

Analisis Pembelajaran Extensive Reading Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah di Pasuruan

Indrayani, Ninuk (Unknown)
Khoiriyah, Khoiriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Pengajaran Bahasa Inggris di era new normal menuntut guru mata pelajaran bahasa Inggris (EFL) untuk memiliki pemahaman dan keterampilan yang baik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis teknologi khususnya membaca (Reading) secara ekstensif untuk mendorong pembelajaran membaca. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman guru bahasa Inggris dalam mengajar membaca ekstensif (Extensive Reading) dan penggunaan teknologi di masa new normal. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan dua guru bahasa Inggris dari dua Madrasah Tsanawiyah di Pasuruan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kedua guru tersebut tidak dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai tentang bagaimana menggunakan media pembelajaran berteknologi secara tepat untuk menyampaikan materi meskipun mereka harus mampu membuat materi berbasis teknologi dalam pelajaran Extensive Reading. Namun demikian, mereka berusaha meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran dalam pengajaran Extensive Reading untuk menghadapi dunia global. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya peningkatan kemampuan membaca dan pembelajaran literasi digital bagi guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Journal: Journal Educational Research and Development is a scientific journal managed by LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is ...