Jurnal Citra Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Citra Pendidikan

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 BUKIT TINGGI

Sari, Nilam (Unknown)
Ramadhani, Vivi (Unknown)
Tridiana , Eldavita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Pada dasarnya mutu pendidikan merupakan salah satu upaya yang dilakukan guna untuk meningkatkan dan memperbaiki prestasi belajar siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya prestasi belajar siswa yaitu diantara lain adalah faktor internal maupun faktor eksternal salah satu nya adalah motivasi belajar dan disiplin belajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar dan disiplin belajar yang tinggi akan terlihat lebih aktif, serta mempunyai inisiatif sendiri untuk belajar sendiri dan lebih tertib dalam belajarnya. Dan begitu pula sebaliknya siswa yang memiliki motivasi belajar dan disiplin belajar yang sedang akan terlihat lebih kurang aktif, serta kurang mempunyai inisiatif sendiri untuk belajar sendiri dan juga kurang tertib dalam belajarnya . Selain itu, tujuan penulisan ini adalah yang pertama untuk mengatahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, yang kedua untuk mengatahui seberapa besar pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan yang ketiga untuk mengatahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode kualitatif dengan data yang diperoleh dari narasumber adalah informasi yang diberikan Guru Matematika, dan siswa. Teknik pengumpulan data ini digunakan teknik wawancara, observasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi dan disiplin belajar sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar. Mengingat seberapa penting motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar maka perlu adanya motivasi dan disiplin yang tinggi pada diri siswa. Jadi dapat disimpulkan berhasil tidaknya siswa dalam belajar dapat dilihat dari prestasi yang dicapainya. Untuk itu perlu memaksimalkan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar agar tujuan pendidikan berjalan lancar, dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu ...