Jurnal Komunikasi dan Kajian Media
Vol 7, No 2 (2023): JURNAL KOMUNIKASI DAN KAJIAN MEDIA

FORMULASI PERSUASIF DAN KREDIBILITAS PRODUK DALAM PRAKTIK ENDORSEMENT PADA AKUN INSTAGRAM SELEBRITIS

Okditazeini, Vannyora (Unknown)
Pasaribu, Erfina Ningsih (Unknown)
Alim, M. Kholikul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi kajian tentang praktik endorsement yang dilakukan oleh selebriti dengan berfokus pada selebriti yang memiliki jumlah followers akun Instagram terbanyak tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram menjadi salah satu alat dalam melakukan endorsement bagi pelaku bisnis melalui selebriti untuk memasarkan produknya. Terdapat lima selebriti yang diteliti berdasarkan jumlah followers terbanyak, yaitu Ayu TingTing, Raffinagita, Laudya Cynthia Bella, Prilly Latuconsina, dan Syahrini. Dari hasil penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 1926 postingan, terdapat 969 postingan yang merupakan tergolong dalam bentuk praktik endorsement. Peneliti menemukan bahwa cara implisit merupakan cara yang paling jarang dipilih oleh selebriti dalam melakukan aktivitas endorsement. Sedangkan cara co-present merupakan cara yang paling banyak digunakan selebriti. Dari penelitian ini diketahui juga bahwa ternyata para selebriti tidak hanya melakukan endorsement pada produk-produk dari perusahaan, melainkan melakukan endorsement pada produknya sendiri. Dengan demikian, penggunaan selebriti di instagram dapat membangun kemenarikan dan kredibilitas produk melalui berbagai bentuk pesan yang disampaikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Komunikasi dan Kajian Media is a journal dedicated to publishing research dan conceptual article in areas of communication and media studies. Papers published by the journal aim to represent important advances of significance to specialist within each field. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media seeks ...