IC Tech: Majalah Ilmiah
Vol 18 No 2 (2023): IC Tech: Majalah Ilmiah Volume XVIII No. 2 Oktober 2023

SEGMENTASI PELANGGAN BERDASARKAN ANALISIS RFM (RECENCY, FREQUENCY AND MONETARY INDEXES) DAN ANALISIS DEMOGRAFI

Kasmari (Unknown)
Taryadi, Taryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Perusahaan mencoba mengenali kebutuhan masyarakat dan pelanggan dengan lebih tepat, salah satu metode yang digunakan adalah CRM. Untuk bisa membedakan kebutuhan banyak pelanggan dan menjalin interaksi antara produsen dan konsumen, harus memahami pelanggan melalui perilaku dan transaksinya. Salah satu metode yang digunakan untuk melakukan segmentasi pelanggan menggunakan model RFM dan metode klastering yaitu K-Means. Sementara demografi digunakan sebagai data pendukung untuk melakukan segmentasi pelanggan. Studi ini menunjukkan bahwa bobot atribut RFM mempengaruhi kinerja asosiasi aturan secara positif. Selain itu, untuk mendapatkan segmen pelanggan yang lebih akurat, disarankan untuk menggunakan kombinasi RFM tertimbang dan atribut demografis. Oleh karena itu, metodologi yang diusulkan menghasilkan hasil dan skor terbaik yaitu sebesar 0.284 dengan jumlah rule yang dikembangkan sebanyak 2491, sehingga pentingnya RFM tertimbang dan data demografi dalam cluster telah terbukti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ictech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Sistem Informasi Rekayasa Perangkat Lunak dan pengembangannya. Kecerdasan buatan dan aplikasinya Komunikasi data dan sistem keamanan Rekayasa Perangkat Lunak dan pengembangannya Image Processing / Olah citra Sistem Informasi Geografis Vision komputer dan Pengenalan pola Sistem Informasi ...