Revolusi industri pelabuhan merupakan salah satu topik yang perlu diperhatikan bagi negara Indonesia yang merupakan negara maritim. Untuk dapat menghadapi daya saing pelabuhan kelas dunia, diperlukan pengembangan model bisnis pada pelabuhan-pelabuhan yang sudah diusahakan secara komersial. Penyusunan model bisnis pelabuhan dapat dilakukan dengan melakukan perancangan kerangka model bisnis berbasis Business Model Canvas (BMC). BMC sangat populer di kalangan pengusaha untuk inovasi model bisnis. BMC memberikan tiga hal konsep penyampaian model bisnis yaitu fokus, fleksibilitas dan transparansi. Pada penelitian ini dihasilkan kerangka model bisnis untuk pelabuhan komersial di Indonesia dengan pendekatan konsep logistik maritim. Dihasilkan 9 block yang berisikan karakteristik-karakteristik yang dapat dikembangkan dalam perancangan model bisnis pelabuhan di Indonesia kedepannya. Karakteristik-karakteristik yang terbentuk tersebut diharapkan dapat menjadi konsep dasar penyusunan untuk penelitian yang lebih spesifik pada pelabuhan-pelabuhan tertentu, terutama di Indonesia.
Copyrights © 2023