Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran local strongman (orang kuat lokal) terhadap branding image PT Almuna Indah Wisata Pamekasan. PT Almuna Indah Wisata Pamekasan adalah sebuah perusahaan yang memiliki unit usaha antara lain: Almuna Tour And Travel, PO. Almuna Trans, Perumahan Almuna Citra Indah, Almuna Toserba, Almuna Cafe And Resto, Global Tour And Travel. Penelitian ini menitikberatkan pada usaha menjawab pertanyaan bagaimana peran strongman terhadap branding image PT Al Muna Indah Wisata Pemekasan. Apakah konsep local strongman berpengaruh terhadap brand image perusahaan Almuna Indah Wisata. Dengan menggunakan metode kualitatif data-data yang dihasilkan dianalisis untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa local strongman berperan dalam mempengaruhi masyarakat untuk memilih produk dan jasa Almuna. Ditemukan bahwa strongman terdiri dari korelasi kelompok elit pengusaha dan tokoh agama membentuk jaringan kekuatan elit lokal yang bermanfaat bagi Almuna untuk mengembangkan jaringan bisnisnya. relasi dan peran local strongman sangat penting bagi kemajuan PT. Almuna Indah Wisata. Local strongman dapat memberikan dukungan dalam hal kepercayaan, izin keberangkatan, nilai positif bagi karyawan, dan branding image. Begitu juga, melalui integrasi teori-teori yang telah dibahas, bahwa perusahaan Almuna Indah Wisata tidak hanya mencerminkan model bisnis konvensional, tetapi juga terikat erat dengan dinamika sosial, politik, dan budaya di tingkat lokal. Pendekatan ini membantu merinci dan merangkum peran local strongman dalam membentuk serta menjaga citra perusahaan dan hubungan dengan masyarakat.
Copyrights © 2023