Ilmu dan Budaya
Vol. 45 No. 1 (2024): Vol. 45, No 1 (2024)

Pelayanan Kependudukan Berbasis Digital Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Desa Cibeureum, Kabupaten Bogor

Guridno, Aberar (Unknown)
Wulan Suci Roshinta (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

This research aims to see the level of effectiveness of digital-based public services during the Covid-19 pandemic in Cibeureum Village, Cisarua District, Bogor Regency, West Java. This research uses a descriptive qualitative research method using interview techniques and literature study. The Covid-19 pandemic can be considered a significant time limit in the research theme because this event has had a broad and deep impact on various aspects of life such as paradigm changes, lifestyle changes, technological innovation and others. The research results show that population administration services in Cibeureum Village, Cisarua District have begun to implement digital-based services, but this form of service has not been completely or completely digitalized. This form of digital service is only applied at the registration stage for population management services, such as making family cards, marriage books, birth certificate cover letters. Meanwhile, for the data entry process, people still have to come to the Cibeureum Village office and bring the required physical files. Apart from that, the obstacle faced by Cibeureum Village in implementing digital services is the limited authority to be able to transform digital-based public services in every public service process. In its implementation, Cibeureum Village was coordinated at the highest level of government so that it could make changes to population administration services digitally.   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat efektivitas pelayanan publik berbasis digital di masa Pandemi Covid-19 di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara dan studi kepustakaan. Pandemi Covid-19 dapat dianggap sebagai batasan waktu yang signifikan dalam tema penelitian karena kejadian ini telah memiliki dampak luas dan mendalam di berbagai aspek kehidupan seperti perubahan paradigma, perubahan gaya hidup, sebagai inovasi teknologi dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua sudah mulai menerapkan pelayanan berbasis digital, namun bentuk pelayanan ini belum terdigitalisasi secara keseluruhan atau sempurna. Bentuk pelayanan digital hanya diaplikasikan pada tahap pendaftaran pelayanan pengurusan kependudukan, seperti pembuatan kartu keluarga, buku nikah, surat pengantar akta kelahiran. Sedangkan untuk proses entri data, masyarakat masih harus datang ke kantor Desa Cibeureum dan membawa berkas-berkas fisik yang dibutuhkan. Selain itu, kendala yang dihadapi Desa Cibeureum dalam mengimplementasikan layanan digital adalah keterbatasan kewenangan untuk mampu mentransformasikan pelayanan publik berbasis digital dalam setiap proses pelayanan publik. Dalam pelaksanaannya, Desa Cibeureum dikoordinasikan pada tingkat pemerintahan tertinggi agar dapat membuat perubahan pelayanan administrasi kependudukan secara digital.

Copyrights © 2024