JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education)
Vol 7 No 2 (2023): JTIEE

PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR ALAM AL-IZZAH KRIAN

umah, faridatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan pendidikan karakter pada siswa di SD Alam Al-Izzah Krian. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana dalam penelitian kualitatif instrumen pertama adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini keabsahan datanya triangulasi. Permasalahan yang muncul menjadi pemicu bagi pendidikan untuk menghasilkan jenis pendidikan berbasis alam yang bertujuan untuk membentuk peserta didik sebagai individu yang berkarakter dan berkepribadian peduli terhadap lingkungan. Karakter peduli lingkungan adalah sikap dan tindakan manusia untuk berusaha mencegah kerusakan lingkungan alam. Permasalahan yang ingin dicari jawabannya melalui penelitian ini adalah program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah alam untuk membentuk karakter peduli lingkungan yaitu dengan pembelajaran BBA (Belajar Bersama Alam), kegiatan outbond, OTFA (Out Tracking Fun Adventure) dan lain sebagainya. . Pembiasaan siswa untuk membentuk karakter peduli lingkungan adalah melalui kegiatan BRT (Bersih, Rapi dan Tertib) yang dilakukan setiap hari oleh guru dan siswa, serta pengolahan sampah organik menjadi pupuk organik dan sampah non organik. Selain melalui program ini, siswa dapat mengembangkan karakter peduli lingkungan melalui proses pembelajaran di sekolah alam dimana alam merupakan tempat belajar, media belajar, dan objek belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtiee

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

This journal facilitates teachers and researchers to publish their articles based on research, review, and practice. Topics for the articles published by this journal are teaching media, strategies, models, plans, evaluations and technologies especially in elementary ...