Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol 23, No 1 (2014)

Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa

Puspa Dianti (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2016

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi leading sector dalam pengembangan karakter siswa. Namun, pada kenyataannya mata pelajaran PKn belum cukup berhasil menjalankan peran tersebut secara baik karena proses yang terjadi pada pembelajaran PKn tersebut hanya berorientasi pada pencapaian kognitif saja sedangkan pencapaian afektif/sikap cenderung diabaikan. Untuk mengatasi  hal tersebut perlu dilakukannya modifikasi dalam pembelajaran PKn, salah satunya dengan pengintegrasian konsep pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajarannya sehingga lebih bisa berperan dalam pengembangan karakter siswa. Penelitian ini, dilaksanakan di SMA Unggul Negeri 4 Lahat dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus untuk menggali dan memahami kenyataan-kenyataan yang terjadi secara intensif dan mendalam berkenaan dengan integrasi pendidikan karakter pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PKn di sekolah tersebut. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi langsung pada kegiatan pembelajaran, teknik wawancara kepada guru dan siswa, serta melalui teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat dipahami bahwa dalam pembelajaran PKn di SMA unggul Negeri 4 Lahat sudah dilakukan pengintegrasian pendidikan karakter dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Meskipun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki.selanjutnya pembelajaran yang dilakukan sangat membantu dalam pengembangan karakter siswa.Kata kunci: pendidikan karakter, pendidikan kewarganegaraan, karakter.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpis

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) is the leading journal in Social Studies institutions concerning Social studies and education. The journal is multi-disciplinary, welcoming contributions that advance our understanding of education, science ,and technology as social activities. The journal ...