Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol 23, No 2 (2014)

PENGEMBANGAN BUDAYA SUKU TALANG MAMAK SEBAGAI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM BAGIAN CIVIC CULTURE (Studi Etnografi pada masyarakat suku Talang Mamak di Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu, Propinsi Riau)

Islamuddin, Islamuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2016

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya sebuah degradasi kebudayaan dan kearifan lokal yang menyebabkan menculnya gejala krisis jati diri dan krakter bangsa, rendahnya pengetahuan mengenai kebudayaan, dan Rendahnya plestarian kebudayaan yang terjadi dalam masyarakat bangsa Indonesia. Dalam penelitian ini ini mendiskripsikan budaya suku Talang Mamak dalam bagian civic culture, mendiskripsikan kearifan lokal dalam bagian civic culture, Pelestarian kebudayaan dan kearifan lokal suku Talang Mamak dan Kendala dan Upaya dalam pelestarian kebudayaan dan kearifan lokal masyarakat suku Talang Mamak. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Tehnik analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data dan Verifikasi data. Kesimpulan bahwa budaya masyarakat suku Talang Mamak merupakan bagian dari civic culture dibuktikan dengan adanya nilai-nilai civic culture, kearifan lokal masyarakat suku Talang Mamak bagian dari civic culture dengan adanya nilai-nilai civic culture, pelestarian dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan mengenai kebudayaan Talang Mamak, mengikuti lomba antar kebudayaan, dan festival kebudayaan. Kendala dalam pelestarian meliputi: faktor ekonomi, faktor pendidikan yang rendah, dan faktor transporatasi.Kata kunci: Suku Talang Mamak, CIvic Culture

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpis

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

JPIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) is the leading journal in Social Studies institutions concerning Social studies and education. The journal is multi-disciplinary, welcoming contributions that advance our understanding of education, science ,and technology as social activities. The journal ...